Selasa, 16 Agustus 2011

"Jaya Pramuka Jaya Bangsaku"

Dear Bloggers,

Selamat hari Pramuka, semoga tetap jaya bagi bangsa!

14 Agustus yang diperingati sebagai hari lahirnya Pramuka selalu membiaskan refleksi bagi saya. Dari tahun ke tahun di tanggal yang sama, saya selalu melihat wajah pramuka yang kian berbeda dimakan usia dan pergaulan dunia maya yang membuat saya ikut prihatin karena pramuka semakin banyak ditinggalkan oleh generasi kini.

Kegiatan pramuka tidak lagi booming dan kurang diminati seperti dahulu kala, padahal pramuka bagi saya merupakan wadah kepemudaan yang sarat kreativitas, kemandirian, kerjasama dan dapat membentuk karakter bangsa.

Kini dengan semakin bertambahnya usia Pramuka, mari kita upayakan untuk kembali menggalakkan kegiatan ke-pramukaan dalam pendidikan kita. Sekolah-sekolah kini harus dapat membuat kegiatan pramuka lebih diminati dengan merancang format-format kegiatan pramuka yang lebih mencerminkan karakter bangsa kita, seperti melalui implementasi aspek-aspek dan simbol-simbol budaya Indonesia, pelestarian nilai-nilai gotong royong serta penguatan semangat bersatu kita teguh bercerai kita runtuh melalui penanaman pendidikan pancasila dalam kegiatan ke-pramukaan.

Yuk ramai-ramai kita ajak anak, adik, kerabat, teman dan masyarakat kita ikut dan mencintai pramuka! agar eksistensinya bagi bangsa ini semakin jaya dan lestari.
Bravo Pramuka Indonesia!

Salam Super,

ASM







6 komentar:

  1. Pramuka kita masih sangat aktif kok Tante Angie yang cantiiiik ^^ sayangnya pemberitaan media tentang keaktifan anggota Pramuka Indonesia di dunia international masih sangat minim. Adik saya sudah beberapa kali mengikuti jamboree berskala international bersama gugus nya. Mereka pernah menghadiri jamboree Asia Pacific di Philippine, Korea Selatan, dan Australia. Bahkan pernah menghadiri jamboree dunia di Belanda. Banyak anggota pramuka dari seluruh daerah Indonesia yang juga turut serta dan mempertontonkan kebudayaan Indonesia yang sangat beragam kepada anggota Pramuka dari seluruh belahan dunia.

    Seharusnya summer kemarin adik saya menghadiri lagi World Jamboree di Swedia, namun sayangnya persyaratan utama untuk world jamboree kali ini adalah peserta harus berumur setidaknya 15 tahun sedangkan adik saya baru akan berumur 15 tahun satu bulan setelah acara world jamboree di gelar :-D

    BalasHapus