Rabu, 27 Juli 2011

"Mari Sucikan Hati Menyambut Ramadhan Penuh Arti"

Dear bloggers,

Beberapa hari lagi kita sebagai umat Islam akan bertemu kembali dengan bulan Ramadhan, bulan penuh arti, penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT.

Tentunya saya dan anak-anak sangat antusias menyambut bulan Ramadhan. Walaupun saya tergolong masih baru dalam menikmati keistimewaan bulan Ramadhan, namun sudah cukup banyak pengetahuan yang saya peroleh tentang bulan yang dinanti-nanti itu.
Dengan bekal pengetahuan yang ada tersebutlah, saya selalu berusaha untuk menjalaninya dengan sepenuh hati dan menata diri guna mendapatkan anugerah fitri selepas Ramadhan.

Bulan Ramadhan yang mewajibkan kita berpuasa sebulan penuh memiliki banyak makna yang memberikan pelajaran berharga bagi saya, dan tentunya semua umat Islam. Dengan berpuasa menahan lapar, haus serta hawa nafsu, bermakna kita ditempa untuk lebih bijak menjadi manusia yang sabar dan lebih peka terhadap sesama, merasakan penderitaan saudara kita yang sering dilanda kekurangan atau kelaparan karena krisis pangan atau penghasilan terbatas.

Oleh karena itulah bulan Ramadhan merupakan bulannya 'discount' dari Allah SWT, dimana kita diberi kesempatan seluas-luasnya untuk lebih banyak berbagi dan memberi terhadap sesama, lebih banyak beribadah dan berdoa, karena dijanjikan dengan imbalan pahala dan balasan yang berlipat-lipat dari bulan lainnya.

Diantara rasa bahagia yang ada di hati saya, terselip juga rasa sedih yang luar biasa ketika harus kembali berjumpa dengan bulan Ramadhan tanpa suami tercinta....
Berat rasanya bagi saya melewati Ramadhan ini tanpa mas Adjie....
Perasaan kehilangan itu pasti akan sangat terasa ketika tiba waktu sahur dan berbuka harus saya lewati tanpanya. Ramadhan tahun lalu, saya masih sibuk menyiapkan makan sahur bersama mas Adjie, dan kami selalu menyempatkan untuk berbuka bersama, namun di Ramadhan ini hal itu tidak dapat saya rasakan lagi.
Ya....hanya bersama anak-anak akan saya lalui Ramdahan ini. Mereka pelita hati saya yang tiada duanya, mereka membuat saya berani menatap kembali kehidupan, dan mempertajam keikhlasan serta keyakinan saya kepada Allah SWT tentang semua rencana terhadap manusia ada pada kuasaNYA.

Hanya dengan sisa cinta yang saya miliki saat ini, kembali akan saya sambut Ramadhan dengan penuh suka cita demi berkah nan berlimpah.

Saya dan keluarga mohon maaf lahir batin ya bloggers, atas segala lisan yang tak terjaga maupun perbuatan yang kurang berkenan selama ini.Semoga Ramadhan ini bisa kita lalui dengan baik, lancar dan berhasil memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang beruntung dan diberkahi di Ramadhan ini....amiin


With Love,

ASM

6 komentar:

  1. Bismillah…Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
    من صام رمضان إيماناً واحتساباً غفر له ما تقدم من ذنبه، ومن قام رمضان إيماناً واحتساباً غفر له ما تقدم من ذنبه، ومن قام ليلة القدر إيماناً واحتساباً غفر له ما تقدم من ذنبه
    “Barangsiapa yang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan dalam keadaan iman dan mengharap pahala, maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa yang melaksanakan shalat (tarawih) di bulan Ramadhan dalam keadaan iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa yang menegakkan malam Lailatul Qadr(Maksudnya adalah shalat, dan termasuk pula adalah amal ketaatan yang lain seperti membaca Al-Qur’an, dzikir, tasbih, tahlil, tahmid, istighfar, berdo’a, dan amalan yang lain )dalam keadaan iman dan mengharap pahala, maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.( HR. Al-Bukhari no. 1901 dan Muslim no. 760).
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
    “Allah jalla wa’ala berfirman:
    كل عمل ابن آدم له الحسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف إلا الصيام فإنه لي وأنا أجزي به، ترك شهوته وطعامه وشرابه من اجلي للصائم فرحتان فرحة عند فطره وفرحة عند لقاء ربه، ولخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك
    “Setiap amalan anak Adam, balasan kebaikannya adalah sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat kecuali puasa. Karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Dia meninggalkan syahwatnya, makanannya dan minumannya karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa ada 2 kegembiraan yaitu kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika bertemu dengan Rabbnya. Dan bau mulut orang yang berpuasa adalah lebih wangi daripada bau misik di sisi Allah (HR. Al-Bukhari, Muslim, dan Ibnu Majah)
    mari kita jadikan Ramadhan kali ini lebih berarti… Jangan pernah biarkan ia pergi begitu saja..menjadikan ramadhan kali ini lebih baik dari ramadhan-ramadhan sebelumnya.. mengisi hari-hari berkah ini dengan amal sholeh, baik itu berupa sholat tarawih, membaca Al-Qur’an, bershodaqoh, berdzikir, membantu kaum muslimin, memberi makan para fakir-miskin, menyiapkan buka puasa, dan sebagainya…karena semuanya akan menjadi ladang pahala bagi kita.. Inilah bulan yang agung… Dalam bulan tersebut balasan terhadap amalan-amalan shalih akan dilipatgandakan, dan amalan-amalan jelek yang dilakukan pada bulan tersebut akan mendapatkan balasan kejelekan yang besar pula..semoga kita dapat membentengi puasa tersebut dari segala perbuatan maksiat, dan memberikan perhatian yang lebih besar dan lebih banyak (dibanding bulan yang lain), sebagaimanan disyari’atkan bagi kita untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan amalan-amalan kebaikan dan berlomba2 dlm ketaatan seperti shadaqah, menjenguk orang yang sakit, mengiringi jenazah, menyambung tali silaturahmi, banyak membaca Al-Qur’an, banyak berdzikir, bertasbih, bertahlil, beristighfar, berdo’a dan amalan-amalan kebaikan yang lain. Ini semua dilakukan dalam rangka mengharap pahala dari Allah dan takut dari hukuman-Nya… Kita memohon agar Allah menyampaikan puasa dan shalat kita serta puasa dan shalat segenap kaum muslimin pada derajat keimanan dan mengharap pahala dari Allah. Dan kita juga memohon agar Allah ta’ala menganugerahkan kepada kita dan seluruh kaum muslimin di berbagai tempat pemahaman terhadap agama ini dan istiqamah di atasnya..
    Kita memohon kepada Allah taufiq, hidayah, lurusnya niat dan baiknya amalan untuk seluruh kaum muslimin..aamiin…

    BalasHapus