Minggu, 02 Oktober 2011

"Bravo Batik Indonesia"

Selamat Hari Batik Nasional ya semuanya.....

Dear Bloggers,

Kita patut bangga dengan tercatatnya tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional. Batik merupakan cirikhas Indonesia, warisan budaya turun temurun yang tak pernah lekang, bernilai seni tinggi dan abadi. Indonesia punya cerita masing-masing dengan motif batiknya, dan hal tersebut bagi saya merupakan anugrah yang luar biasa bagi kita. Pantaslah Batik mencuri perhatian dunia dan sempat didompleng identitas asalnya. Namun alhamdulillah Batik yang diakui adalah berasal asli dari negeri kita yang kaya raya ini. Batik menjadi identitas diri bangsa kita yang dihargai bangsa lain.

Saya sangat bangga dan merasa percaya diri setiap memakai batik. Bagi saya, batik itu unik, cantik, dan menarik, karena dengan beragam motif yang berbeda dan bersumber dari aneka corak asal daerah di Indonesia, batik mampu menyatukan kita sebagai orang Indonesia asli. Saya merasa dalam balutannya terpancar aura Indonesia saya. 100 % Indonesia bangetlah hehehe....Itulah makna batik yang sesungguhnya, dalam aneka corak dan warna kita bisa diakui sebagai Indonesia, sesuai dengan kondisi masyarakat kita yang terdiri dari beragam budaya, agama, kepercayaan, adat istiadat namun kita tetap satu jua berbangsa dan bertanah air satu Indonesia.  Kemajemukan/pluralisme kita disatukan dalam darah merah putih, dan bagi saya filosofi batik pun sangat kuat melekat dengan kenyataan itu. Setuju kaan?

Dengan Batik saya jadi kian tertarik untuk mengenal lebih dalam tentang budaya Indonesia, sehingga selalu menjadi hal wajib bagi saya untuk dapat  memiliki batik khas dari setiap daerah di Indonesia, agar saya selalu punya cerita tentang kekayaan dan seni bangsa ini. Saya percaya sekali dalam setiap motif batik pasti selalu terkandung falsafah yang mulia, bermakna dan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sebagai Indonesian People.

Pengalaman belajar membatik pun sangat membekas dalam diri saya. Membatik ternyata punya makna yang dalam loh bloggers. Membatik melatih kita menjadi teliti, hati-hati dan sabar menggoreskan lilin/malam membentuk motif di kain-kain  Saking saya sangat menyukai batik, akhirnya saya mencoba untuk berbuat sesuatu guna melestarikan sekaligus memasarkan batik melalui butik batik Nebu milik saya. Apapun akan saya lakukan demi lestari dan diakuinya batik sebagai karya seni tinggi Indonesia. Semoga bloggers juga demikian yaa....kita bisa mulai dari hal-hal terkecil seperti membiasakan mengenakan batik dalam berbagai kesempatan.

So....mari kita jadikan batik sebagai penguat karakter Indonesia, mari kita bumikan batik di ibu pertiwi bagi  citra bangsa ini, mari kita jaga dan pelihara batik senantiasa dalam setiap langkah.

Kenakan batik dan jadilah Indonesia!

I Love Batik
Regards,


ASM

3 komentar:

  1. Batik memang tidak bisa dipisahkan dari nama Indonesia, begitupun batik dan angelina sondakh..
    yang begitu concern mengenai batik..saya ingat bahwa mas adjie sangat mencintai batik makanya beliau selalu merasa jatuh cinta dengan mba angie..
    Pake kebaya enaknya dari kain batik...
    Angelina sondakh..darimu terpancar aura cantik..

    I always idolized u mba.. Dian

    BalasHapus