Senin, 03 Oktober 2011

"Sakti Pancasilaku, Abadi Bangsaku"


Dear Bloggers,
Hari kesaktian pancasila kembali menyapa di awal Oktober ini. Selamat hari Kesaktian Pancasila ya....
Makin banyak hal yang bisa kita lakukan bagi bangsa ini untuk bisa menjaga kesaktian pancasila. Semua persoalan bangsa ini saya rasa akan bisa lepas jika kita memaknai  dan mengimplementasikan dengan dalam butir-butir pancasila. Semua sila-sila dalam pancasila menggambarkan bagaimana karakter kita yang sesungguhnya sebagai bangsa Indonesia. Semoga nilai-nilai pancasila tetap terpatri dalam diri kita ya bloggers...

Problema kita sebagai bangsa dan sebagai pribadi akan selalu ada selama bumi berputar dan usia masih mengakar, namun untuk bisa menjaga kesaktian pancasila itu sebenarnya bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Beberapa kali belakangan ini pancasila sempat menjadi pembahasan panjang, dari mulai tuntutan agar dikembalikannya kurikulum pancasila dalam proses pendidikan sampai kepada penodaan nilai-nilai pancasila dengan berbagai peristiwa seperti ingin mengganti pancasila, membentuk negara sendiri di dalam Indonesia, memisahkan diri keluar dari Indonesia sampai kepada menyulut perpecahan dan membangkitkan kebencian antar budaya dan agama melalui aksi anarkis maupun terorisme. Semuanya saya rasa perlu dibenahi dan momentum hari kesaktian pancasila ini merupakan saat yang tepat untuk kemabli merenungi arti penting dan saktinya pancasila bagi kita.

Pancasila dianggap sakti karena dalam lima butir sila-sila itu sudah terkandung semua karakter, watak, budaya dan komitmen kita sebagai bangsa yang besar. Kita diajarkan untuk percaya kepada keyakinan dari Tuhan dan saling menghargai setiap perbedaan yang ada. Kita diajarkan untuk menghormati hak-hak manusia, diajarkan untuk senantiasa memelihara pesatuan dan kesatuan, menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan adil merata bagi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.So dengan keseluruhan nilai-nilai sakti dari pancasila itu sudah selayaknya kita bangga dan sekuat tenaga ikut menjaga kelestariannya agar jangan sampai ternoda atau dinodai oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Banyak upaya yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesaktian pancasila, seperti mengisi kemerdekaan ini dengan tindakan dan karya nyata yang bernilai positif mulai dari hal-hal terkecil. Saya pun selalu berusaha untuk membawa ruh pancasila dalam setiap nafas kehidupan saya. Bagi saya dengan tetap tenang menanggapi isu-isu negatif, memendam emosi dan berusaha tidak membalas setiap cacimaki, senantiasa berbagi dan memberi kepada yang membutuhkan, mendengarkan dan memperjuangakan setiap aspirasi masyarakat, serta tetap menjalankan pekerjaan dengan disiplin dan tanggung jawab adalah wujud pengakuan saya terhadap saktinya pancasila.

Dan saya yakin, untuk memaknai kesaktian pancasila itu semuanya harus dimulai dari diri sendiri, karena hanya dengan itu kita mampu menjadi bangsa yang berjati diri dan berdikari dalam berbagai lini, sehingga apapun masalah bangsa ini mampu menjadi tantangan bagi kita untuk menjaga kesucian dan kesaktian pancasila. Setuju kan bloggers?


Selamat Hari Kesaktian Pancasila....

Bravo Indonesia
Salam,

ASM

5 komentar:

  1. Hari Pancasila " untuk sebuah renungan"
    " Hidup tiada mungkin tanpa perjuangan dan pengorbanan" ( Angelina Sondakh 1-6-11 )

    Adakah kita kini???
    satu kata yang wakili kita...
    pada persatuan....pada persaudaraan....
    pada kebersamaan..
    Mungkin inilah saatnya kita kembali...
    pada nilai dan falsafah kita
    ..........PANCASILA..........
    Negara kita kuat bila kita semua bersatu...
    Negara kita damai bila kita saling berpengertian....
    maka inilah saatnya kita mencintai negara kita...
    tanpa ada silang hati...
    tanpa ada intrik, ....kecaman ...dan permusuhan...
    Mengapa kita tak kembali pada tujuan kita semula??
    Wahai saudara sebangsa dan setanah airku...
    bisakah kita saling membantu...bertekad dan berjuang demi bangsa..???
    bisakah kita saling berpegangan tangan satu dalam cinta demi masa depan Indonesia Jaya Kita...
    Kita punya Pancasila dengan Bhineka Tunggal Ikanya...
    Padanya terkandung nilai-nilai luhur yang mungkin satu-satunya ada di dunia...
    Lalu dimanakah kebanggan kita memilikinya..?
    Kita pantas berbangga.......
    kita pantas berjaya....
    Memiliki Pancasila....

    NB: Dan kita seharusnya juga bangga karena memiliki putra bangsa like Angelina Sondakh..(sosok yang penuh inspirasi bagiku :) )

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus